766 Warga Desa dan Santri Kesugihan, Cilacap Mendapatkan Pelayanan Medis Masyarakat dari Djarum Foundation

 

CILACAP – Sekitar Warga Masyarakat dan Santri Desa Kesugihan Kidul Kec. Kesugihan Kabupaten Cilacap ikuti kegiatan Pelayanan Medis Masyarakat yang diberikan gratis bagi santri dan masyarakat di sekitar Ponpes Al Ihya Ulumaddin desa Kesugihan Kidul Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap bertempat di halaman Aula PP. Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Kidul. Kec. Kesugihan Kab. Cilacap Jawa Tengah (Sabtu 12/10/2024).

Pelayanan Medis Masyarakat ini diadakan Djarum Foundation melalui program Djarum Sumbangsih Sosial. Djarum Foundation berkolaborasi dengan YBSI (Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku) dan pihak pondok pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Kab. Cilacap Jawa Tengah

Pengasuh Ponpes Al Ihya Ulumaddin Romo KH. Imdadurrahman Al-‘Ubudi
dan Romo KH. Sholihudin Muchson, yang diwakilkan pada Romo KH. Charir Mucharir
menyampaikan rasa terima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang digelar di pondoknya. ”Terima kasih untuk perhatian yang diberikan berbagai pihak kepada kami utamanya Djarum Foundation dan YBSI sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar. Mari kita manfaatkan kesempatan yang baik ini untuk mengecek kesehatan warga masyarakat sekitar ponpes bersama para kiai, ustadz, ustazah, pengurus pondok, dam para santri,” papar Romo Yai Charir , demikian biasa dipanggil yang didampingi ketua panitia Haul ke 69 PP. Al Ihya Ulumaddin KH Muarifuddin serta putra ke 3 Kiyai Imdad.

Camat Kesugihan yang wakili oleh Kabag kesra Nur Purwanti menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan baksos kegiatan di Ponpes Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap.
” Ponpes Al Ihya Ulumaddin adalah salah satu ponpes tertua di daerah cilacap yang didirikan tahun 1925 oleh Al-Maghfurlah KH. Achmad Badawi Hanafi. Sehingga layanan kesehatan menjadi sangat penting. Baksos ini, selain untuk santri dan masyarakat juga menunjang keberadaan posketren yang sudah ada “, demikian papar penjelasan Gus Danial mewakili ayahannya, KH. Imdadurohman pimpinan Ponpes.

Deputy Program Manager Bakti Sosial Djarum Foundation, Ivana Lie menyampaikan program pelayanan medis masyarakat ini merupakan upaya Djarum Sumbangsih Sosial yang fokus pada upaya peningkatan kesehatan masyarakat khususnya di sekitar pesantren. ”Pelayanan Medis ini sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar pondok pesantren, termasuk para santri, pengurus, dan pengasuh pondok pesantren,” paparnya.

Lebih lanjut Djarum Foundation juga mengapresiasi dukungan para santri Pesantren Al Ihya Ulumaddin yang sudah terjun membantu kegiatan ini terutama melayani masyarakat yang hadir.

Founder YBSI Dr. dr. Hisnindarsyah Sp.KL(K) SE M Kes MH CFEM,FIHFAA FISQua ,FRSPH didampingi Ketua Umum YBSI Virly Mavitasari mengatakan pada kegiatan kali ini selain pemeriksaan kesehatan umum dan pemeriksaan gigi, ada tambahan layanan pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan oleh spesialis penyakit Telinga Hidung Tenggorokan( THT) bagi warga bila diperlukan.
“Pada kegiatan kali ini paling banyak ditemukan warga menderita penyakit hipertensi, osteoartritis pada masyarakat umum dan penyakit kulit serta faringitis juga ISPA pada santri. Selain kuratif kami juga memberikan edukasi (preventif) sehingga nantinya warga dapat mencegah terjadinya penyakit tersebut dengan cara mandiri. Selain itu kami juga menurunkan mobile dental unit gigi sehingga layanan kesehatan lebih profesional ” kata Hisnindarsyah.

Tim YBSI yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 35 orang terdiri dari dokter umum 6 orang, dokter spesialis THT 2 orang, Dokter Muda ( DM) 3 orang, dokter gigi dan asisten 2 orang, perawat sebanyak 9 orang, Assisten Apoteker dan tim obat 5 orang, tim laborat 2 orang dan tim relawan 6 orang.

Pelayanan Medis Masyarakat kali ini memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien umum sebagai berikut : 323 orang pasien umum, pasien santri 256 orang , pasien gigi 164 orang, pasien spesialistik THT 23 orang sehingga jumlah total 766 orang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Lanal Cilacap yang membantu personil dokter gigi dan Perawat TNI AL, Camat Kesugihan diwakili kabag kesra, Kapolsek Kesugihan, Danramil Kesugihan diwakili babinsa.

Pelayanan Medis Masyrakat merupakan kegiatan rutin yang dilakukan melalui program Djarum Sumbangsih Sosial. Sejak tahun 2014, kegiatan ini telah melayani pemeriksaan medis lebih dari 70.000 warga masyarakat di Jawa Tengah & Jawa Timur. Djarum Sumbangsih Sosial telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya baksos pelayanan kesehatan dan khitanan massal, peningkatan kualitas panti asuhan, satgas pencegahan kebakaran dan bantuan penyediaan air bersih.(HSD/SUBUH/YBSI)

Related posts